FoSSEI Jatim di Surabaya



Delegasi dari FoSSEI JATIM dalam Training Fundraising yang diadakan Dhompet Dhuafa Jatim hari sabtu-ahad kemarin berjumlah lima personil. Masing-masing dari KSEI LISEI 2 orang, Acses 2 orang dan Koreg sendiri.
Acara training fundraising yang bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada para calon volunteer ini berlangsung dengan menarik. Untuk hari sabtunya para peserta diberikan pebekalan terkait Apa itu fundraising, Zakat dan Motivasi diri. Materi yang paling menarik adalah menurut penulis ketika penjelasan tentang Zakat luar biasa, disini pemateri mampu memaparkan dengan gambling bahwa zakat yang notabenenya kecil terbukti dapat menjadi instrument penggerak roda perekonomian.

“Kata-kata zakat dalam Al-Qur’an dijelaskan 29 kali dimana ada kesemuanya itu berdampingan dengan kata-kata zakat, 27 ayat yang didahului kata sholat dan 2 ayat yang kata zakat terlebih dahulu.” Papar pemateri dalam salah satu kesempatan.
Pada dasarnya zakat memiliki tiga pengertian utama yaitu Tumbuh, berkembang dan suci/berkah. Dimana disampaikan pula bahwa zakat akan mampu menyelesaikan permasalahan umat dan orang-orang di lembaga zakat itu harus memiliki jiwa jihad yang tangguh, jiwa entrepreneur, dan manajemen yang baik.
Sementara itu pada acara hari kedua, para calon fundraser ini di tugaskan untuk melakukan canvassing di acara car freeday yang berlangsung di sekitar jalan dharmo, Surabaya. Alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancer…. Semangat.

Ekonom Rabbani, Bisa!!!


0 komentar: