Terbitkan Buku, SEFiS Bumikan Ekonomi Islam di Madura

Berawal dari impian sederhana kader dari KSEI SEFiS Universitas Trunojoyo Madura untuk membumikan Ekonomi Syariah di pulau Madura. Kini, para pejuang SEFiS telah berkontribusi secara nyata dengan dilaunchingnya buku “Sharia Economics” saat penutupan Kaderisasi Ekonomi Syariah (KADES), Ahad (20/11). Buku ini dipelopori oleh para demisioner dari KSEI SEFiS, antara lain Ahmad Hambali, Dwi Wiji Astutik, Nikmatul Khoiriyah, Nuzlia Fitriani Habsari, Moh. Toyyib dan Dimas M. Ghozali. Mereka dibantu oleh satu tim penulis yang terdiri dari 21 penulis.

Semenjak dirilis, buku ini telah tercetak sebanyak 120 buku. Namun, bukan berarti proses pembuatan buku ini tidak menemukan kendala. Dari SEFiS sendiri terdapat beberapa kendala,  antara lain keterlambatan pengerjaan dan lain-lain. Ini menjadi pengalaman tersendiri bagi SEFiS, yang baru kali pertama menyusun buku. Namun, hal tersebut harus tetap disyukuri mengingat buku ini dapat selesai diwaktu yang tepat. Hampir semua proses pengerjaaan buku ini, dikerjakan oleh kader KSEI SEFiS sendiri, mulai dari editor, layouter bahkan sampai ke percetakannya.

Buku ini berisi tentang materi Ekonomi Islam, antara lain Akidah Akhlaq, Fiqh Muamalah, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam (SPEI), Komparasi Ekonomi Islam dan Konvensional, Mawarits, Ekonomi Mikro dan Makro, dan Manajemen Ziswaf. Mahasiswa dijadikan sasaran awal buku “Sharia Economics” ini, mengingat masih perlu banyak revisi dan perbaikan. Ditinjau dari hargapun cukup terjangkau, hanya Rp 25 ribu untuk setiap bukunya. Buku ini juga dapat menjadi referensi tambahan bagi mahasiswa, bahkan dapat menjadi kurikulum prodi Ekonomi Syariah atau salah satu mata kuliah ekonomi Islam. Harapan penulis, buku ini tidak menjadi bagian akhir dari karya mereka. InsyaAllah akan terbit Jilid 2, 3, 4 dan seterusnya dari Buku ini. 

0 komentar: